Tren Broadcasting Dalam Dunia Pendidikan

 



Pembelajaran pada era perkembangan teknologi yang pesat seperti saat ini membutuhkan strategi pembelajaran yang tepat. Saat ini strategi pembelajaran dirancang sesuai dengan kompetensi Abad 21 yang berbasis teknologi, dimana pembelajaran dapat dilakukan dengan fleksibel serta efisien.

Penggunaan teknologi seperti internet yang dijadikan salah satu alat pembelajaran dapat mendukung kemampuan literasi digital untuk siswa. Selain untuk meningkatkan kemampuan siswa, penggunaan teknologi dalam pembelajaran sangat membantu bagi pengajar maupun siswa. 

Sejak munculnya Covid 19, semua aspek kehidupan saling berkaitan dengan teknologi. Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) diterapkan pada semua sekolah sehingga pengajar menggunakan kecanggihan teknologi untuk melakukan pembelajaran seperti E-learning dan webinar.

Maka saat ini tren broadcasting tidak hanya sebatas syuting dan go live tapi dengan perkembangan teknologi broadcasting bisa dibagikan lebih luas lagi ke berbagai multiple device. 

Tren broadcasting untuk pembelajaran yang sedang berkembang saat ini

Live Video Webcasting

Webcasting merupakan "Broadcasting" melalui Internet. Sistem Layanan Live Stream video. Penggunaan Live video webcasting ini untuk pembelajaran maupun webinar edukasi. Terdapat beberapa platform yang mendukung untuk layanan siaran langsung seperti Facebook Live maupun Youtube live. Livestream ini merupakan pembelajaran Real Time terjadwal secara kolektif atau kolaboratif menggunakan peralatan TIK (Sistem Webcast, konsep penyiaran melalui Web), adanya simulasi maya (peserta didik, fasilitator atau instruktur) sebagai sumber Video Conference melalui Internet (IP Model). Aplikasi Webcasting (Zoom/ Wirecast/ Wowza) menyiarkan dari satu sumber ke beberapa penerima pasif, baik langsung atau permintaan (on Demand). Sistem teknologi live stream yaitu seperti gambar dibawah ini:


Selain itu penggunaan Open Broadcast Software atau OBS sangat berguna untuk membuat konten pembelajaran video interaktif yang dapat disiarkan ke youtube dan sosial media lainnya sehingga mudah untuk diakses oleh peserta didik

Podcast Pendidikan

Podcast merupakan media audio digital yang dapat diunduh di platform daring tertentu dengan penggunaan akses internet, seseorang dapat mengunduh materi pembahasan apa yang ingin mereka dengar dan dapat didengarkan saat kapan mereka mau (Schreiber and Klose, 2017) .

Platform pembelajarn podcast diantaranya ada spotify, anchor, Rss dll. Dalam pendidikan penggunaan podcast diterapkan dalam berbagai pembelajar. akan tetapi penggunaannya lebih kepada mata pembelajaran teori seperti contoh dalam penelitian menyimak Bahasa Jerman (Suparno, 2020), storytelling pelajaran Bahasa Inggris (Jainul Dedi Abidin andWidodo, 2018), podcast pada pelajaran Bahasa Inggris dan Matematika (Rahmawan And Dwipa, 2019), dan digital storytelling dalam pembelajaran Bahasa Inggris (Asri,Indrianti and Perdanasari, 2017)


Radio Edukasi

Dinkominfo Manfaatkan Radio Daerah LPPL RKB. Lembaga Penyiaran Publik Lokal atau LPPL Radio Kota Batik 91,2 FM untuk membantu menyediakan layanan pendidikan kepada siswa selama belajar di rumah di tengah masa pandemi Covid-19. Program ini disiarkan melalui LPPL Batik TV dan LPPL Radio Kota Batik untuk memfasilitasi para guru memberikan proses pembelajaran jarak jauh kepada peserta didik melalui siaran live. Penggunaan media radio dipilih agar para siswa tak tergantung dengan smartphone. Selain itu, hal ini pun dilakukan agar siswa yang tak memiliki smartphone pun bisa mendapatkan pembelajaran.

Reference:

1. Apriani (2020). Podcast sebagai media pembelahran jarak jauh https://www.researchgate.net/publication/341250674_Podcast_sebagai_Media_Pembe lajaran_Jarak_Jauh_PJJ 

2. Hayaty, M., Wahyuni, S. N., Putra, A. D., Maemunah, M., Satya, B., & Nurani, D. (2021). Pelatihan Pembuatan Konten Pembelajaran Menggunakan Open Broadcast Software. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 1(2), 61-67.

3. Huda, Y., & Faiza, D. (2019). Desain sistem pembelajaran jarak jauh berbasis smart classroom menggunakan layanan live video webcasting. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 12(1), 25-32.

4. Tim Komunikasi publik Kota Pekalongan (2020). Solusi Belajar di Masa Pandemi, Dinkominfo Manfaatkan Radio Daerah LPPL RKB https://pekalongankota.go.id/berita/solusi-belajar-di-masa-pandemi-dinkominfo-manf aatkan-radio-daerah-lppl-rkb-9492.htm


Komentar

Postingan Populer