Review Oculus Rift & Oculus Quest | Trying Virtual Reality Device. Which one is the best?!

 


Analisa Produk Virtual Reality dan Perangkatnya

Oculus Rift



Oculus Rift memiliki 2 device luaran yaitu terdiri dari

1. Headset (Mini Display Port Adapter, Kabel USB 3.0 dan baterai AA untuk controller)

2. 2 Controller and Lanyards

Oculus Quest



1. Headband ( headset VR high-end, LCD 'fast-switch' 2560x1440p)

2. 2 controller


Tampilan Interface (Antarmuka)

Kedua device ini menampilkan interface yang sama dengan terhubung ke sabnungan internet bisa melihat game maupun video dari youtube. Aku mencoba 4 permainan demo dari device ini diantaranya yaitu: 

Tampilan Awal Menu VR


Tampilan Game Cooking Academy 




Tampilan Light Saber


Review Perangkat

Perangkat VR

Navigasi dalam VR menggunakan controller. Didalam controleer terdapat tombol-tombol untuk melakukan setting maupun pengarahan. Dalam VR Oculus rift maupun Oculus Quest memiliki  guardian system( Batas Penjaga dirancang untuk menampilkan penanda dinding dan lantai dalam aplikasi saat pengguna mendekati batas area bermain yang mereka tentukan agar tidak keluar arena). Kedua Enviroment sama-sama menarik akan tetapi dalam Oculus Quest grapik terlihat lebih jelas. Dalam segi kenyaman saya lebih menyukai oculus Quest karena tidak usah dikaitkan dengan kabel ke computer  (wireless) jadi lebih nyaman lalu ketika dipakai headband lebih ringan dibandingkan oculus rift.

Terdapat interaksi device dengan pengguna dalam pengaplikasian virtual reality. Interaksi ini dapat berupa sentuhan misalnya penggunaan controller untuk navigasi, lalu ada penglihatan yang terdapat pada layar headband oculus. Interaksi device pada vr ini dibuat seolah-olah pengguna berada pada lingkungan arena permainan yang asli. Interaktivitas kedua seri ini lumayan baik karena pemain dapat merasakan interaksi manusia dengan device itu sendiri. Saat pengguna memakai device ini konten dalam vr terlihat real jadi pengguna dapat merasakan lingkungan dalam VR.  Kekurangan dari media VR yaitu apabila kita terlalu lama bermain akan merasakan pusing jadi penggunaannya jangan terlalu lama.

Konten yang ditampilan

Dari segi konten, perangkat Rift memiliki akses permainan lebih banyak dibanding perangkat seri Quest. Akan tetapi, Oculus Quest memiliki lebih dari 1.000 aplikasi dan konten permainan yang dapat di unduh melalui WIFI. Selain permainan, Oculus Quest juga memiliki fitur menonton video 360 derajat  dalam jejaring youtube  dengan didukung wifi atau dapat dilihat di dalam perangkat  penyimpanan oculus.

Ketika bermain game dalam Oculus Rift respon yang diberikan lebih cepat akan tetapi jika tidak terlalu terbiasa dengan controller kita harus dapat beradaptasi terlebih dahulu. Dari segi interaksi, seri Rift menawarkan variasi lebih banyak dan nyata karena dua perangkat kontrol untuk kedua tangan pengguna yang dapat digunakan selama pemakaian perangkat. Konten-konten seri vr ini lumayan sudah bervariasi. Kejelasan permaianan dapat dipahami dengan baik alurnya lalu game dapat membawa perasaan adrenalin pemain. 






Komentar

Postingan Populer